Sabtu, 26 Mei 2012

Aplikasi Transistor

1) SCR LOGIC MODE
SCR adalah komponen elektronika yang termasuk thyristor, yaitu lapisan bentuk PN junctionkhusus dimana terdiri dari 4 lapisan.Karakteristik dari SCR secara umum dapat dikatakan sebagai berikut : arus yang melewatianoda ke katoda relative kecil selama tegangan diantaranya belum melewati VBO (VoltageBreak Over). Setelah melewati maka tegangan antara anoda dan katoda akan turun hinggamencapai harga Hold Voltage. Diode akan tetap menghantar selama arus yang melewatinyatidak kurang dari nilai IH (hold current).



Cara kerja rangkaian arus yang melewati anode kekatode relative kecil agar bekerja sebagai penghantarmaka gate harus diberi trigger (+). Tegangan pada gateharus lebih positif dari katode dengan cara menutupsaklar S1 sehingga gate tersulut, dan led menyala karenamendapatkan beda potensial dan aruspun mengalir.Untuk menon-aktifkannya kita dapat menghubungkanS2, maka gate menjadi low current / drop out dankembali menyumbat.

2) LIGHT SENSOR

 

Aplikasi sensor sederhana dengan menggunakan transistor sebagai driver relay.

Cara kerja rangkaian adalah dengan memanfaatkancahaya sebagai pengaktifnya. Kita ketahui bahwa LDRmempunyai karakteristik sebagai berikut apabila terkenacahaya maka resistansinya kecil dan sebaliknya apabilatidak terkena cahaya maka resistansinya besar. Jadi padasaat LDR tertutup dan tidak terkena cahaya makaresistansinya membesar sehingga arus yang melewatiLDR akan terhambat dan mengalir menuju basis Q1(npn)dimana karakteristik npn adalah akan menghantar apabilabasis lebih positif daripada emitter dengan mengalirnyaarus menuju basis maka Q1 dalam kondisi menghantar(kolektor dan emitter ON). Untuk Q2 (pnp) sebaliknyaemitter harus lebih positif dari basis, karena kolektoremitter Q2 terhubung dengan sumber tegangan melaluililitan relay seperti yang telah dijelaskan bahwa kolektordan emitter Q1 ON (saklar tertutup) maka dengan begitu juga kaki basis Q2 terhubung langsung dengan kolektor Q1 sehingga Q2 dalam keadaanmenghantar (untuk jenis pnp : diode basis-emiter Q2 dalam kondisi reverse) dengan menghantarnyaQ2 maka sumber tegangan yang melalui relay mengalir sehingga menginduksi lilitan relay danmenimbulkan medan magnet yang dapat menarik saklar pada relay. Saklar yang terhubung dengan tegangan 5V dapat mengalir melaui R4 dan LED dengan begitu LED pun menyala. Contoh rangkaian lain :

 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar